Minggu, 05 April 2009

Cara Ganti Template Blog

Ini adalah cara mengganti template blogger atau blogspot versi lama sedangkan untuk versi baru silahkan lihat di sini. Pertama kamu harus membackup dulu tempalte kamu jika template baru kamu tidak berhasil diinstall, caranya masuk ke menu "Layout --> Edit HTML", trus klik link bertuliskan "Download Full Template" terus simpan file yang diberikan.

Kedua yaitu membackup elemen-elemen atau widget-widget yang sudah pernah kamu pasang, caranya gini, Masuk ke menu "Page Element", disitu kan banyak tuh element-element yang udah kamu pasang trus dibawahnya kan ada link bertiliskan "edit" klik link-link tersebut satu persatu, copy isi dari elemen itu dan taruh dalam notepad. Kalo kamu nanti dah ganti template dan mau memasang elemen-elemen tersebut tinggal copy dari notepad terus pasang di "add page elements".

Untuk mengganti template pertama klik link ini, kemudian download template blog yang kamu inginkan. nah setelah selesai download, ikuti langgkah berikut ini:

  • ekstrak dahulu file xml nya
  • login ke blog anda
  • masuk ke Dasbor
  • Tata letak
  • Edit HTML
  • Nah disitukan ada tombol Browse, cari file xml. yang sudah anda ekstraksi
  • kemudian klik Unggah atau Upload
  • klik dahulu kolom Prevew atau Pratinjau untuk melihat hasilnya sebelum di simpan
  • terakhir klik simpan template atau save template
Selesai deh.....

2 komentar:

galih n gumilar mengatakan...

mantap mastahhh.. sharenya

hendryawan rj mengatakan...

terimkasih ya ma sgan atas tutotial cara mengganti template nya..
sukses slalu